PENTINGNYA PELESTARIAN KEBUDAYAAN DAERAH: MAHASISWA KKN UNDIP MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL PERINGATAN LEGENANAN KEPADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DESA WONOMERTO

  • Aug 10, 2023
  • Desa Wonomerto
  • BERITA, KEGIATAN

Wonomerto (09/08/2023) - Desa Wonomerto merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bandar dengan luas wilayah 449,86 ha dan jumlah penduduk sebanyak 4.779 jiwa dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai buruh dan petani. 

Program kerja yang dilaksanakan oleh Hari Adi Nugroho, mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro berbasis pada bidang keilmuan sejarah dengan mengusung tema “Meningkatkan Budaya Lokal Peringatan Legenan melalui infografis kepada masyarakat Desa Wonomerto sebagai upaya pelestarian di era gempuran budaya”. Program kerja ini dipilih dengan maksud untuk mempermudah masyarakat khususnya generasi muda dalam memahami informasi dan tentunya untuk meningkatkan literasi tentang pentingnya pelestarian budaya lokal agar tidak tergerus dengan perubahan zaman. Pada proses pembuatan dilakukan beberapa tahapan mulai dari pencarian sumber-sumber terkait, pemilahan dan diakhiri dengan pembuatan poster. Poster ini berisi penjelasan singkat mengenai Peringatan Legenanan.

Selain itu, kurangnya sistem pendidikan yang mengajarkan tentang tradisi dan kebudayaan yang ada di Indonesia memberikan dampak besar terhadap pengetahuan anak-anak di Desa Wonomerto. Berdasarkan hal tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan program dengan tujuan untuk memperkenalkan tradisi maupun kebudayaan yang ada di Indonesia dan Peringatan Legenanan. Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Desa Wonomerto pada tanggal 26 Juli 2023. Program ini diawali dengan perkenalan mengenai berbagai kebudayaan di Indonesia, seperti adat istiadat, bahasa daerah, rumah adat, pakaian adat, tarian tradisional, lagu daerah, dan alat-alat musik tradisional. Selanjutnya diperkenalkan mengenai Tradisi Legenanan yang merupakan salah satu tradisi yang sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat di Desa Wonomerto. Dengan dilaksanakannya kegiatan mengenai pengenalan budaya Indonesia dan tradisi Legenanan tersebut diharapkan anak-anak Desa Wonomerto lebih melek terhadap tradisi dan kebudayaan mereka sejak dini.

 

Penulis : Hari Adi Nugroho 

Lokasi : MI Desa Wonomerto, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Hari, Tanggal : Rabu, 26 Juli 2023