Edukasi Teknis Menjadi Merchant Pada Aplikasi Belanja Online dan Pembuatan Akun Merchant Shopee

  • Aug 10, 2023
  • Desa Wonomerto
  • BERITA, KEGIATAN

Wonomerto (24/07/2023) - Teknologi informasi telah menjadi aspek yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan teknologi, kegiatan masyarakat mulai dari yang kecil sampai yang besar dapat terbantu. Kegiatan mulai dari mencari resep masakan, membayar tagihan listrik, sampai menyelesaikan tugas sekolah dan kantor dapat diselesaikan oleh teknologi. Salah satu kegiatan yang dapat dipengaruhi secara besar oleh teknologi adalah kegiatan perdagangan atau jual beli. Hadirnya peran teknologi informasi dalam kegiatan jual beli dapat mendongkrak penjualan produk, dan juga memperluas pemasaran produk. 

Pengaruh dari teknologi informasi tersebut disadari oleh salah satu pelaku UMKM di Desa Wonomerto yaitu Ibu Altimatun, pengusaha keripik dan pemilik dari “Anisa Keripik”. Beliau menyadari pentingnya teknologi informasi dalam kegiatan berusaha, dan tertarik untuk dapat memasarkan produknya secara online. Namun, beliau tidak memiliki pengetahuan mengenai cara memasarkan produknya secara online. Oleh sebab itu, Mahasiswa Tim KKN II Universitas Diponegoro memberikan edukasi mengenai cara menjadi penjual atau merchant pada aplikasi belanja online shopee dan tiktok sekaligus juga membantu membuatkan akun merchant shopee serta juga mengaktifkan fitur shopeepay untuk mempermudah penjualan produk keripik Ibu Altimatun.

Mulanya Mahasiswa Tim KKN II Universitas Diponegoro memberikan edukasi mengenai teknis menjadi merchant dengan menggunakan flyer atau selebaran. Kemudian Mahasiswa Tim KKN II Universitas Diponegoro membantu membuatkan secara langsung akun shopee merchant untuk Ibu Altimatun, mulai dari membantu melengkapi informasi yang dibutuhkan sampai membantu untuk mengunggah produk keripik ke akun shopee. Mahasiswa Tim KKN II Universitas Diponegoro pun membantu untuk mengaktifkan fitur shopeepay serta mengajari Ibu Altimatun cara berjualan online menggunakan akun shopee. Pada 24 Juli 2023 akun merchant “Anisa Keripik” telah dibuka dan aktif pada platform shopee dengan nama “Anisa Keripik”.  

 

Penulis  : Bagus Anandanur Witjaksono

Lokasi   : Desa Wonomerto, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

Tanggal : Rabu, 09 Agustus 2023