PENDATAAN KONDISI MASYARAKAT RT 01 RW 01 - RT 06 RW 01 DESA WONOMERTO SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS/SDGS)

  • Aug 14, 2023
  • Desa Wonomerto
  • BERITA, KEGIATAN

Wonomerto (01/08/2023) – Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022/2023 telah sukses melaksanakan pendataan warga miskin di Desa Wonomerto, dengan kerja keras dan metode yang terstruktur. Pendataan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi warga yang membutuhkan bantuan secara tepat dan efisien. Dalam kurun waktu satu minggu, mulai dari tanggal 1 hingga 7 Agustus 2023, tim mahasiswa berangkat dari RT 01 hingga 06/RW 01, Desa Wonomerto, melakukan wawancara door to door dengan tiap kepala keluarga.

Proses pendataan ini dilakukan berkelompok, dengan dua mahasiswa dalam setiap tim. Setiap hari, tim ini fokus untuk mendata rumah-rumah warga di satu RT. Pertanyaan-pertanyaan yang relevan diajukan kepada warga, meliputi informasi pekerjaan, penghasilan harian, pengeluaran untuk kebutuhan makan dan lainnya, kondisi tempat tinggal, serta penggunaan listrik. Proses ini memastikan bahwa informasi yang diperoleh akurat dan lengkap.

Setelah semua rumah warga terdata dengan cermat, data yang terkumpul dianalisis sesuai dengan kriteria warga miskin yang telah ditetapkan oleh hukum, yaitu UU Nomor 13 Tahun 2011 dan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 262/HUK/2022. Proses analisis ini memastikan bahwa setiap warga yang masuk dalam kategori warga miskin diidentifikasi dengan benar, menghindari kesalahan dalam penentuan status.

Hasil akhir dari pendataan ini akan disampaikan kepada perangkat desa sebagai arsip data warga Desa Wonomerto. Data yang telah dikumpulkan akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi ekonomi dan sosial di desa ini. Selain itu, hasil analisis akan menjadi dasar untuk menentukan langkah-langkah bantuan yang diperlukan, seperti program sosial atau bantuan ekonomi, agar bisa tepat sasaran.

Langkah ini adalah langkah yang sangat penting dalam memastikan bahwa bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah atau organisasi dapat mencapai mereka yang membutuhkan dengan sebaik-baiknya. Pendataan warga miskin ini juga memberikan manfaat jangka panjang dengan memberikan data yang lebih akurat tentang kebutuhan dan kondisi warga di Desa Wonomerto. Dengan demikian, pendataan ini bukan hanya sekadar tugas rutin, tetapi juga bentuk nyata dukungan kepada pembangunan komunitas yang lebih berkelanjutan.

 

Penulis : Mahasiswa KKN TIM 11 UNDIP 2022/2023

Lokasi : Desa Wonomerto, Kec. Bandar, Kab. Batang

Hari, Tanggal : Rabu, 9 Agustus 2023